Senin, 02 April 2012

Sistem Perekonomian Indonesia

1.Sistem Ekonomi
Setiap negara memiliki sistem ekonomi. Pilihan terhadap sistemekonomi yang dianut oleh suatu negara tergantung padakesepakatan nasional negara tersebut.Biasanya, kesepakatan nasional ini berdasarkan undang-undangdasar yang dimiliki. Di samping itu, undang-undang dasar, falsafahdan ideologi negara juga sangat mempengaruhi sistem ekonomisuatu negara. Sistem ekonomi adalah strategi suatu negaramengatur kehidupan ekonominya dalam rangka mencapaikemakmuran.
2.Tiga persoalan pokok Ekonomi.
Tiga persoalan ekonomi tersebut diringkas ke dalam tiga kata tanyadlam bahasa inggris:
What
(Apa),
How
(Bagaimana), dan
For Whom
(Untuk Siapa)
a.Jenis dan Jumlah barang serta Jasa yang harus diproduksi
(What)
.What adalah pemilihan jumlah serta jenis barang dan jasa yangharus dihasilkan. What menunjukkan pesoalan yang dihadapioleh setiap sistem ekonomi yang terkait dengan pertanyaan: Jenis barang apakah yang harus diproduksi dan berapa jumlahnya?
b.Cara Sistem Ekonomi menghasilkan Barang dana Jasa
(How).
How adalah pemilihan cara menghasilkan barang dan jasa. Howmenunjukkan persoalan yang dihadapi oleh sistem perekonomianyang terkait dengan pertanyaan: Bagaimana menghasilkanbarang dan jasa. Untuk mencapai kemakmuran. Artinya, setiapsistem ekonomi harus dapat menjawab persoalan cara yangditempuh oleh suatu negara untuk menghasilkan barang dan jasa.
c.Cara Distribusi Barang dan Jasa
(For Whom).
For Whom adalah pemilihan kelompok masyarakat yang harusmenikmati barang dan jasa yang dihasilkan. For Whommenunjukkan persoalan yang dihadapi oleh setiap sistemekonomi yang berkaitan denagn pertanyaan untuk siapasebenarnya barang dan jasa diproduksikan? Artinya, setiap



sistem ekonomi harus dapat menjawab persoalan mengenaikelompok masyarakat mana yang harus menikmati barang atau jasa yang dihasilkan oleh perekonomian suatu negara. Jadisebenarnya persoalan for whom juga berkaitan dengan caradistribusi barang dan jasa yang dihasilkan negara.Setelah mengikuti uraian tentang persoalan pokok yangdihadapi oleh setiap sistem ekonomi, tiba saatnya kitamendefinisikan sistem ekonomi. Sistem ekonomi dapat didefinisikansebagai suatu strategi atau cara suatu bangsa atau negaramengatur tata kehidupan ekonominya dalam rangka mencapaikemakmuran masyarakatnya.
1.Tiga Sistem Ekonomi Utama
Sistem ekonomi merupakan aturan-aturan yang digunakan dalamkehidupan perekonomian. Kita dapat membedakannya ke dalamtiga macam sistem yang lazim dijalankan oleh suatu negara, yaitusistem ekonomi liberal (pasar bebas), perencanaan sentral, dancampuran.
a.Sistem Ekonomi Pasar BebasSistem ekonomi pasar bebas adalah pengaturan kehidupanekonomi diserahkan pada mekanisme pasar.
b.Sistem Ekonomi Perencanaan SentralSistem ekonomi perencanaan sentral adalah pengaturankehidupan ekonomi dikelola langsung oleh negara.
c.Sistem Ekonomi CampuranSistem ekonomi campuran adalah pengaturan kehidupanekonomi dikelola bersama oleh swasta dan pemerintah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar