Sabtu, 10 April 2010

intel Quad Core

Dapat memberikan kinerja maksimum untuk aplikasi multimedia. Dapatkan kinerja yang anda butuhkan untuk menangani media digital, pembuatan software, dan immersive multi-thereaded game. Empat inti menyediakan semua kekuatan yang anda perlukan untuk mencapai efek halus selama bermain game, ditambah kemampuan untuk menangani kebutuhan processor akan aplikasi multimedia.

Fitur inti pada Intel Core 2 Quad Processor adalah sebagai berikut :
- Intel Core 2 Quad dapat melakukan sesuatu dalam sekaligus.
Pembuktian revolusioner komputerisasi yang dibuktikan dengan empat core dengan performa maksimal.
- Memaksimalkan kebutuhan anda untuk kecepatan.
Encode HD Video diatas 50 persen lebih cepat dengan Intel® HD Boost yang digabungkan kedalam Intel® Core™2 Quad processor.
- Meng-edit, Meng-alt, dan membuat lebih cepat.
Menjalankan kinerja ganda berdasarkan aplikasi multimedia HD dengan mencapai 12 persen lebih kecepatan untuk mengedit foto, mendekorasi, dan mempublikasi.
- Persiapan untuk masa depan.
Nikmati performa dalam game dan software hari ini - ketika sementara mempersiapkan untuk menjalankan aplikasi multi threaded di masa yang akan datang.
Pada tabel diatas dapat kita lihat terdapat Proccesor Number atau Nomor Seri Processor ,Model processor bervariasi menurut ukuran cache, kecepatan jam, dan RAM. Jika menjalankan program penghitungan intensif , lebih banyak L2 Cache yang tersedia akan semakin baik. Namun jika, menggunakan PC untuk game , video streaming, atau menonton film, ukuran L2 Cache tidak signifikan seperti jika memiliki Front Side Bus yang cepat dan beberapa Clock Speed yang baik. Ada yang berpendapat, setiap tahun, pengembang software merancang program dan aplikasi yang terus membutuhkan ketiga elemen tersebut. Jadi, disarankan untuk berpikir mengenai kebutuhan hari esok demikian pula kebutuhan saat ini. Lagipula tidak diketahui jika harus menyita perhatian atau diabaikan .

Pilihlah processor yang terbaik yang terjangkau. Tidak masalah apakah, anda akan tertinggal. Pada Processor Intel Core 2 Quad terdapat 8 seri , yaitu : Q9550 , Q9550s, Q9400, Q9300, Q8400, Q8400s, Q8300, dan Q8200s. Multi core processor adalah chip tunggal yang berisi dua atau lebih processor berbeda atau core pelaksana dalam sirkuit yang terintegrasi. Meskipun berdiri sendiri, setiap core dapat bekerja secara terpisah atau bersama-sama dalam satu pekerjaan yang besar. Pengembang software mengembangkan kode (dikenal sebagai threading) dan menjalankan tiap bagian selaras tidak peduli core processor apapun yang tersedia. Dan , pengembang software semakin percaya kepada Intel® quad-core dan teknologi dual-core , jadi program multi-threaded dapat melakukan lebih banyak hal secara simultan memproduksi secara cepat, lebih efisien memberikan hasil pada anda.Seperti yang kita ketahui bahwa, core pada Intel Core 2 Quad mempunyai 4 inti. Yang terbagi atas 2 socket dimana, socket 1 berisi 2 core dan socket 2 berisi 2 core.
Pembagian Core pada Intel Core 2 Quad, seperti pada gambar diatas terdiri atas 2 core tiap bagian yang dibatasi sekat dan masing – masing bagian memiliki L2 Cache dan dihubungan oleh Front Side Bus ke Memory I/O. Dan apakah yang dimaksud Clock Speed dalam tabel ? Cara termudah untuk mengerti Clock Speed adalah dengan membayangkan sebuah stopwatch menghitung lintasan. Pertanyaannya adalah, dimanakah stopwatch itu digunakan : pada kolam renang olimpiade , lintasan balap, atau pada sebuah persimpangan lintasan ? Seperti pada stopwatch , sebuah Clock Speed mengukur seberapa cepat processor bekerja dalam sebuah aktifitas. Tetapi dalam aktifitas apa ? Hal itu terserah anda; bagaimana anda akan menggunakan computer? Akankah anda membuat rekaman video tentang anak anda dengan kamera HD? Kemudian temukan tes pembanding yang akan memberitahukan Clock Speed dari processor untuk menjalankan program media intensive. Apakah anda menyukai mengedit foto ? Dan lihat bagaimana processor yang dibandingkan menjalankan software foto yang anda sukai.

Kemudian kita mengenal L2 Cache dan Front Side Bus , dimana Front Side Bus adalah media penghubung antara socket 1 dan socket ke 2. Coba bayangkan RAM computer anda sebagai suatu kota, dan CPU sebagai kota lainnya. Diantaranya terbentang jalan bebas hambatan : Front Side Bus. Ketika anda membuat perhitungan, mengembangkan grafis-apapun yang anda dan software anda butuhkan – Front Side Bus akan mengirim data secara cepat untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Maka demikian yang dimaksud sebagai Front Side Bus. Sedangkan untuk membayangkan L2 Cache coba bayangkan tiba di toko grosir dan mendapati semua makanan kesenangan anda melayang diatas rak dan memenuhi keranjang anda dalam hitungan menit. Itulah L2 Cache . L2 Cache akan mengingat informasi yang paling sering diakses oleh computer anda jadi anda dengan mudah untuk mendapatkannya tanpa penundaan yang menjengkelkan. (Namun jangan berharap L2 Cache akan mengingat dokumen yang anda tidak simpan. L2 Cache hanya perangkat bukan ibu anda.Saran! Lebih banyak L2 Cache akan mengurangi kemacetan dan membantu meningkatkan kinerja kecepatan memory. Satu lagi yang tidak dapat kita abaikan adalah teknologi silikon yang dipergunakan pada intel core 2 quad yaitu, 45nm- satu nanometer sama dengan sepersatu milyar meter. Transistor pada processor yang tercanggih lebarnya hanya seperempatpuluhlima juta meter. Untuk mendapatkan gambaran mengenai ukuran dari teknologi nano: anda dapat meletakkan lebih dari 2000 gerbang transistor kami secara berjejer dan besarnya sama dengan garis tengah sehelai rambut manusia. Hafnium yang terbaru diisi Intel 45nm memungkinkan transistor dikemas lebih padat dibanding yang 65nm. Dengan menggunakan hafnium oksida menggantikan silikon dioksida ( yang digunakan sejak tahun 1960) transistor terbaru membuang lebih sedikit energy, menghasilkan lebih sedikit panas dan berpindah lebih cepat. Tampilannya keren dalam banyak hal dibanding intel coire 2 quad.Hampir dua kali lipat dari processor intel core 2 quad dalam hal kecepatan dan kinerja , 50 persen lebih besar dari Cache L2 dan merupakan terobosan dalam penghematan energy.
Pada gambar diatas terdapat motherboard yang dapat dilihat dengan jelas. Mempunyai dua CPU , empat slot memory, 2 slot VGA Card, 2 pasang chipset, USB Port, LAN Port, Sound Card. Fungsi dari masing-masing adalah :
• CPU berfungsi sebagai pemroses data yang diperintahkan kepada system.
• Memory berfungsi sebagai tempat penyimpanan sementara yang terbagi atas dua yaitu, RAM dan ROM.
• VGA Card berfungsi untuk memproses tampilan pada layar computer anda.
• Chipset berfungsi untuk menjembatani aliran data dan mengatur serta mengontrol beberapa komponen utama dan tambahan pada motherboard.
• USB Port berfungsi untuk memberi akses pada motherboard untuk berhubungan dengan komponen lain (eksternal) melalui kabel USB.
• LAN Port berfungsi untuk akses dalam lingkup terbatas yang dihubungkan kabel interkoneksi.
• Sound Card berfungsi untuk mengatur dan mengontrol efek audio pada computer.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar