Senin, 31 Mei 2010

Madrid, Jalan Mourinho Sebelum ke MU?

LONDON, KOMPAS.com — Hari ini Jose Mourinho akan datang ke Real Madrid untuk diperkenalkan sebagai pelatih baru di klub tersebut. Namun, sebelum kontraknya selesai dalam empat tahun, Mourinho mungkin saja pindah ke Manchester United, tim yang pernah ia rindukan.

Mourinho memang pernah mengakui bahwa ia berniat menggantikan Sir Alex Ferguson sebagai "The Gaffer" di Old Trafford. Namun, Mourinho pun mengakui bahwa keinginan besar itu tak akan terwujud sebelum Ferguson merasa masanya telah usai.

Sampai saat ini setidaknya Ferguson masih ingin membawa MU menjadi juara di musim 2010/2011. Karena itu, tidak ada jalan lain bagi Mourinho selain mencari jalan memutar sebelum mendarat ke Manchester.

Banyak jalan menuju Roma, pun banyak cara menjadi pelatih MU. Slogan ini barangkali cocok untuk menggambarkan skenario panjang "The Special One" untuk kembali ke Liga Primer. Sudah menjadi rahasia umum bila pelatih asal Portugal tersebut punya hasrat besar untuk kembali merasakan atmosfer Liga Inggris.

Sebagai pencinta Chelsea, tempat ia menjuarai liga di negara itu, wajar jika Mourinho ingin pulang ke Inggris. Namun, bukankah "Theatre of Dreams" milik MU juga berada di Inggris?

"Saya akan mempertimbangkan pergi ke Manchester United, tetapi United harus mempertimbangkan apakah mereka menginginkan saya untuk menggantikan Sir Alex Ferguson. Jika mereka mau, tentu saja (saya mau)," kata Mourinho pada September tahun lalu.

Dengan kontrak empat tahun bersama "El Real", Mourinho akan cukup aman meninggalkan Santiago Bernabeu setelah tahun kedua. Di waktu itu, ia berharap sudah sukses membawa Madrid menjadi raja Eropa untuk ke-10 kali. Jika itu terjadi, momennya akan sangat tepat karena usia Ferguson akan membuatnya siap merelakan jabatannya berpindah tangan.

Ferguson adalah muara segala desas-desus pelatih masa depan MU. Dialah yang akan memberikan jawaban kepada dewan klub tentang siapa yang layak memangku jabatan nakhoda MU pada masa datang.

Ketua Eksekutif MU David Gill mengakui, tidak banyak pelatih yang bisa disebut menjadi bakal pelatih "Setan Merah". Mourinho bisa jadi masuk dalam skala kecil itu.

"Dia (Mourinho) bekerja sangat baik, bukan?" jawab Gill terhadap pertanyaan Mirror Football soal kemungkinan Mourinho sebagai suksesor Ferguson. "Dia jelas-jelas memiliki sesuatu dalam dirinya. Dia seorang juara," katanya.

Jawaban Gill ini memang multitafsir, bisa ya, bisa juga tidak. Satu hal yang jelas adalah pernyataannya tentang kualitas Mourinho sebagai juara. Pria kelahiran Setubal, 47 tahun lalu, itu telah memenangi 18 piala penting dalam sembilan tahun terakhir. Titel membanggakan yang diraihnya adalah triplete bersama Inter Milan, termasuk titel Liga Champions musim ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar